Makin Memesona. Yuk Relayout Dapur Minimalis Ukuran 2×3

Ketika dapur mulai berantakan, barang tidak lagi muat pada tempat biasanya dan tampilan dapur mulai kusam serta kotor maka sudah waktunya Anda untuk relayout dapur Anda. Khususnya relayout pada dapur minimalis ukuran 2×3.

Dapur dengan ukuran 2×3 saat ini telah umum diterapkan pada hunian minimalis. Ruang yang dikarenakan begitu sempit, Anda harus benar-benar teliti dalam penataan dan penempatan berbagai perabotan dapur, peralatan makan dan berbagai perabotan rumah tangga yang kadangkala juga disimpan di dapur.

Tips Relayout Dapur Minimalis Ukuran 2×3

Apakah Anda sudah memiliki pandangan mengenai konsep dan tata ruang dapur Anda? Jika belum, tidak ada salahnya untuk mencari berbagai referensi di berbagai portal internet. Untuk mempermudah Anda dalam relayout ruang dapur, berikut tips menata ulang dapur minimalis ukuran 2×3:

  1. Tegaskan dengan Tampilan Natural

Seperti apakah tampilan natural? Dapur dengan ukuran 2×3 sangat cocok menerapkan kesan natural yang didapatkan pada material kayu, unsur batu bata atau bahkan adanya unsur tanaman pada dapur tersebut.

Tekstur serat kayu menunjukkan kesan yang sangat menonjol. Agar terkesan luas dan bersih, Anda bisa menggunakan kayu yang notabene berwarna cerah. Untuk penggunaan dapur, Anda bisa menggunakan kayu jati yang dikenal memiliki ketahanan dan keawetan yang baik.

  1. Pencahayaan

Unsur pencahayaan pada dapur sangat penting. Bukan hanya sekadar memberikan pencahayaan saja, unsur panas dari cahaya bisa mengurangi kelembaban pada dapur. Pasalnya, dapur merupakan tempat yang mudah lembap. Pencahayaan dari jendela, atap dan lampu bisa mengurangi udara lembap pada dapur.

Anda bisa menggunakan jendela dengan ukuran yang cukup besar agar ruang dapur terasa lebih lega dan nyaman. Pencahayaan alami ini sangat bagus untuk ruang yang cenderung tertutup seperti dapur.

  1. Mainkan Warna

Warna pada dapur dulunya cukup dikesampingkan karena ragam warna yang cenderung monoton. Namun, seiring kemajuan teknologi membuat warna cat lebih beragam bahkan Anda bisa custom warna sesuai dengan yang Anda inginkan.

Gunakan perpaduan satu atau dua warna sehingga memberikan ruang lebih ramai namun tetap nyaman ketika digunakan. Banyak ragam warna yang bisa Anda pilih seperti warna kuning, biru navy, green mint, putih, hitam atau warna pastel.

  1. Open Space

Jika Anda menginginkan nuansa baru maka tidak ada salahnya jika dapur open space dengan ruangan yang lainnya. Saat ini, desain dapur minimalis yang banyak diminati adalah dapur terbuka yang berhubungan langsung dengan luar seperti taman, kebun, ruang laundry dan lain sebagainya.

Anda bisa menerapkan area dapur dengan atap terbuka atau semi terbuka. Bagian atap ini juga menjadi pencahayaan alami pada dapur. Selain fungsi dapur lebih fleksibel, pencahayaan akan memberikan kesan ruang yang bersih.

  1. Mini Bar Dapur

Jika tidak menyukai konsep dapur yang open space terhadap luar ruangan maka Anda bisa menerapkan konsep mini bar pada dapur. Konsep ini cenderung menempatkan meja dan stool bar di dekat dapur sehingga akan memudahkan seseorang untuk mengambil atau meminum dan makan makanan tertentu.

Mini bar ini juga tidak hanya difungsikan untuk tempat makan saja melainkan juga bisa digunakan untuk tempat mengobrol. Tentu saja kapasitasnya terbatas sehingga umumnya digunakan untuk mengobrol dengan dua orang secara santai.

Perawatan Sederhana Pada Dapur Minimalis Ukuran 2×3

Dapur dengan ukuran 2×3 cukup efisien untuk bergerak. Meskipun ruang tidak terlalu besar namun ukuran tersebut sudah dirasa cukup untuk sebuah dapur. Agar dapur dapat tertata rapi maka dibutuhkan tata ruang serta perawatan yang benar.

Rawat dapur secara berskala terlebih seusai mencuci piring. Segera lap tempat cuci piring dan area sekitarnya agar air tidak meluber kemana-mana dan membuat sekitar dapur becek. Selain itu, lap secara rutin bagian sekitar kompor, tempat minyak dan tembok di area memasak. Biasanya bagian-bagian tersebut cenderung cepat kotor.

Dapur minimalis ukuran 2×3 akan tetap terkesan rapi dan bersih apabila kebersihan selalu terjaga dan bisa menempatkan barang sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.