Tata Cara Mengemas Barang Untuk Pengiriman Jarak Jauh

Pengemasan barang adalah salah satu langkah yang penting dilakukan sebelum melakukan pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi. Barang harus dikemas dengan aman agar selamat sampai tujuan, terlebih untuk tujuan jarak jauh seperti ekspedisi Jakarta ke Bandar Lampung. Lantas, bagaimana cara mengemas barang untuk pengiriman jarak jauh yang aman? Yuk simak ulasannya!

Cara Mengemas Barang yang Aman Untuk Pengiriman Jarak Jauh

  1. Memberi Lapisan pada Bungkus Barang

Sebelum memasukkan barang ke dalam kardus, pastikan anda sudah melapisinya dengan bubble wrap untuk menjaga barang tetap dalam kondisi bagus dan aman. Apabila jumlah barang yang dikirim lebih dari satu, maka pemberian bubble wrap dilakukan untuk setiap barang secara terpisah. Penggunaan bubble wrap ini dapat menurunkan resiko barang saling membentur dan rusak.

Untuk barang dengan resiko kerusakan yang kecil bisa menggunakan 2 lapis bubble wrap. Namun, untuk barang yang lebih beresiko harus menggunakan bubble wrap yang lebih tebal lagi. Penggunaan lapisan pelindung berupa bubble wrap ini sangat penting untuk menjaga kondisi barang tetap aman. Selain itu, bubble wrap juga bisa menambah kepuasan pembeli di toko online.

  1. Menggunakan Kardus yang Bagus

Selain menambahkan bubble wrap untuk barang, kardus yang digunakan juga harus bagus dan kokoh. Hindari menggunakan kardus bekas karena sudah tipis dan mudah penyok. Kadus yang kokoh akan membuat barang yang ada di dalamnya tetap terjaga dalam posisi yang aman dan tidak mudah rusak. Hal ini juga dapat mencegah kerusakan terhadap barang yang ada di dalamnya.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk pengemasan ekspedisi Jakarta adalah memastikan tidak ada celah di dalam kardus. Apabila terdapat celah di dalam kardus, maka bisa ditutup menggunakan koran, kertas bekas, atau styrofoam. Hal ini bertujuan untuk membuat barang tetap berada di posisinya dan tidak mudah bergeser, sehingga keamanannya lebih terjaga.

  1. Menggunakan Packing Kayu Untuk Pecah Belah

Ada beberapa jenis barang yang masih belum aman jika dikemas menggunakan bubble wrap dan kardus, seperti barang pecah belah. Untuk itu, anda membutuhkan packing kayu yang lebih kokoh dan anti penyok. Selain barang pecah belah, packing kayu juga sangat disarankan untuk barang yang berupa makanan atau barang yang bernilai tinggi, seperti HP, tablet, CPU, dan lain-lain.

Kayu memiliki karakteristik yang kuat terhadap tekanan dan tumpukan, sehingga dapat menjaga barang yang ada di dalamnya tetap aman. Packing yang menggunakan kayu mungkin lebih mahal daripada packing dengan kardus. Akan tetapi, dari segi keamanan sangat menjamin, sehingga anda tidak perlu merasa khawatir.

  1. Menempelkan Stiker Peringatan

Hal lain yang tidak kalah penting dalam pengemasan barang untuk ekspedisi Jakarta ke Bandar Lampung adalah pemberian stiker peringatan. Anda bisa menempelkan stiker tersebut di luar kemasan kardus atau packing kayu. Kegunaan dari stiker ini adalah menginformasikan kepada kurir yang membawa barang anda untuk lebih berhati-hati.

Untuk pengiriman jarak jauh, menggunakan stiker peringatan sangatlah penting karena waktu tempuh yang lebih lama. Artinya, keselamatan barang yang anda kirim juga harus dipastikan dengan baik agar tidak mengecewakan nantinya. Stiker peringatan ini bisa menjadi pelengkap untuk kemasan yang aman.

Pengemasan yang aman adalah investasi yang penting agar barang yang anda kirimkan tetap dalam kondisi aman dan baik. beberapa cara di atas bisa anda lakukan ketika hendak melakukan pengiriman barang jarak jauh. Terlebih jika barang yang anda kirimkan termasuk barang yang rentan rusak.